setting pengapian


Setting pengapian

ini berdasarkan pengalaman pulang kampung kemarin…

pagi hari sebelum berangkat, say amasih sempat stel ulang delco biar lebih mantap… hasilnya lumayan…

setelah saya amati, ternyata di body delco dan mesin tempat dudukan delco di espass saya, ada garis penanda NApoor (eh ejaannya benar?)… stelan paling enak itu untuk mobil saya ada di 9-10 derajat di sebelah kanan NApoor… memang rada nglitik, tapi sip lah…

waktu mogok di batang, ketemu montir yang punya cara stel delco yang berbeda…

pertama dia stel idle dulu di 900, trus dia stel angin sampai mesin langsam, setelah itu, delco di putar2.

montir itu menarik pelatuk gas dengan sangat lambat hingga mesin meraung di rpm tinggi, tujuannya mencari putaran mesin yang ndut2 an… ketika ketemu, dia putar lagi delconya ke kanan, dan diualng lagi narik gas dengan sangat pelan… rupanya ini montir terbiasa stel mobil yang jago tanjakan…

hasilnya…. luar biasa! rpm saya dari 800 ke 6000 sama sekali ga ndut2an! rencananya nanti stelan ini mau saya kasih tanda baru di napoor nya.

oh ya, ada lagi yang bisa bikin mobil ndut2an… rotax bensin… rotax elektrik yang udah berumur seperti punya saya, ternyata bikin suply bensin sering telat… dan akhirnya pas pulang kampung kemarin, rotax itu tewas dengan sempurna…

Setel delco memang susah-2 gampang & perlu feeling. Saya pernah minta tolong mekanik stel delco malah mesin overheat. Akhirnya setel sendiri, sampai skrg adem terus temperatur mobil.
Step-2nya begini:
- Pertama setting dulu idle/langsam di rpm 750-800 (AC off) sesuai manual
- Adjust dulu sekitaran karburator sampai mesin stabil, dgn sesekali tes hidupkan & matikan mobil, sampai didapat stater mobil yg paling tokcer.
- Kalau sudah stabil, kendorkan (sedikit saja) delco, kemudian adjust delco sampai didapat getaran mesin yg stabil, tandanya mesin bergetarnya ‘smooth’.Kalau sdh kencangkan.
- Kemudian tarik ‘choke’ gas di karburator untuk tes respons-nya spt kalau kita akan akselerasi.Bila tdk ada sentakan atau ngelitiknya tdk terlalu kentara, tandanya mesin kita sdh OK.
Pekerjaan diatas, kalau memang bagian mesin yg lain tdk ada masalah.
Kalau sering-2 ‘ngebengkel’ sendiri nanti juga akan ketemu feelingnya pak.
Sekian

About these ads
    • widi
    • November 26th, 2010

    postingannya berguna, trim ya

    • poer
    • September 6th, 2011

    saya punya maestro tahun 90, kalo mesin panas mesin jalan tersendat2, tapi kalo dimatikan starter lagi langsam lagi begitu terus setiap panas aja problem ndut2annya keluar apa ini juga ada masalah di delconya..?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: