Menyalakan mesin pada pagi hari


Dasar kerja cuk otomatis starlet menggunakan teknik BIMETAL, dimana saat kondisi semakin panas, keping bimetal akan menggerakan poros cuk ke arah membuka normal. Saat mesin kembali dingin keping bimetal pun ikut dingin dan bereaksi memutar poros cuk kearah menutup. Sedangkan elektrik pada autochoke dibutuhkan untuk mempercepat pembukaan bimetal dengan cara memberikan panas bagi bimetal lewat lilitan kawat. Bila terjadi masalah elektrik pada autochoke maka hanya akan berdampak pada terlambatnya cuk membuka normal, karena hanya mengandalkan bantuan panas dari mesin yang butuh waktu lama untuk memanaskan keping bimetal ini. Efeknya mesin akan brebet saat pedal gas mulai ditekan, gejalanya mirip dengan cuk manual yang lupa di kembalikan ke posisi semula.

Cara yang benar menyalakan mobil starlet yang dilengkapi cuk otomatis, pada saat kunci kontak dinyalakan, jangan nyalakan mesin dulu, tapi injak pedal gas sekali saja sampe dalem, atau bisa dua kali kocok untuk daerah yang agak ekstrim dingin tujuannya memberikan campuran kaya bensin lewat pompa akselerator, sekaligus mem-fungsikan autochoke untuk menaikan gas setingkat diatas standard.


Setelah pedal gas dikocok barulah di start, biasanya mesin langsung akan hidup dengan rpm yang agak tinggi, seiring dengan panasnya suhu mesin perlahan unit choke akan membuka hingga sempurna.

Pada kondisi ini gas masih akan tetap tertahan diatas standard, saat pedal gas di injak mekanikal autochoke penahan bukaan gas akan segera terlepas, dan mesin akan berputar pada RPM yang normal sekitar 800 – 900 RPM

Cuk Otomatis Tidak Bekerja Sempurna Tanpa Menekan Pedal Gas Terlebih Dahulu
Menyalakan mesin dipagi hari dalam kondisi mesin dingin diperlukan campuran bahan bakar yang kaya, dan sedikit menaikan posisi gas diatas normal agar pada saat pemanasan mesin berlangsung secara halus dan lancar.

Menyalakan mesin dipagi hari tanpa mengocok pedal gas terlebih dahulu membuat mesin sulit distart dan cuk otomotis tidak menutup sempurna, bila terus dipaksakan mesin tetap akan menyala tetapi putaran mesin terlalu rendah dan bergetar kencang, ini sangat tidak bagus buat keawetan mesin.

Biasakan mengocok pedal gas saat menyalakan mesin dipagi hari, jangan lebih dari 2 kali mengocok gas, karena malah menyebabkan karburator banjir bensin kalo sudah bengini malah sangat sulit dihidupkan.

Hati-hati bila hendak servis karburator
Membongkar karburator mobil starlet termasuk pekerjaan yang tidak terlalu sulit dan pada umumnya karburator starlet sama dengan karburator mobil lainnya, mudah diservis oleh siapa saja termasuk montir jalanan.

Akan tetapi bagi starlet yang sudah mengadopsi cuk otomatis perkaranya bisa jadi lain lagi, karena disitu ada part elektronik yang cukup sensitif bila dibongkar atau bila ikut direndam dalam bensin atau minyak tanah.

Makanya buat montir jalanan yang belum cukup pengalaman terkadang melakukan hal-hal ceroboh membongkar karburator sehingga bisa membuat unit tersebut tidak berfungsi atau rusak.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: