1.830 Siswa SMA Tidak Lulus UN


BLK. FACTORY,(GM)-
Sebanyak 1.830 siswa tingkat SMA/SMK/MA di Kota Bandung, dinyatakan tidak lulus Ujian Nasional (UN). Sebab itu, mereka harus mengikuti UN ulang yang dilaksanakan pada 10 Mei mendatang. Bagi siswa yang dinyatakan lulus, Dinas Pendidikan Kota Bandung melarang mereka merayakan kelulusan dengan melakukan konvoi atau corat-coret seragam.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Oji Mahroji, Minggu (25/4). Dari 18.690 siswa SMA yang mengikuti UN, sebanyak 871 siswa harus mengulang. Sedangkan untuk tingkat SMK, dari 15.270 siswa hanya 894 siswa yang tak lulus dan mengikuti UN ulang. Sementara dari 1.222 siswa MA, 65 siswa tak lulus UN dan harus mengulang. “Rencananya, pengumuman kelulusan ini disampaikan melalui pos pada Senin (26/4) ini,” tegas Oji.

Untuk tingkat kelulusan tahun ini, Oji mengakui, ada penurunan dibandingkan tahun lalu. Tahun ini, kelulusan tingkat SMA di Kota Bandung mencapai 95,34% dan SMK 94,15 persen. Kemungkinan, penurunan presentase kelulusan ini, dikarenakan adanya siswa yang terjebak dengan peredaran kunci jawaban melalui pesan singkat yang berasal dari oknum yang tak bertanggung jawab.

Meski belum lulus, Oji meminta siswa tidak usah khawatir untuk mengikuti UN ulang. Diharapkannya, siswa yang akan ikut UN ulang ini mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, dan juga menjaga kesehatan agar lulus.

Bagi siswa yang dinyatakan lulus, Oji meminta, agar mereka tidak merayakan kelulusannya secara berlebihan. Oji pun mengintruksikan pada seluruh kepala sekolah, untuk mengawasi siswanya agar tidak melakukan kegiatan yang bisa menganggu ketertiban masyarakat.

“Jangan merayakannya berlebihan baik itu berupa konvoi, aksi corat-coret atau kegiatan lainnya, yang bisa mengganggu ketertiban masyarakat. Karena hal ini akan menganggu siswa lainnya yang belum lulus. Lebih baik seragam yang masih layak disumbangkan pada mereka yang membutuhkan. Begitu pula dengan buku, sepatu atau alat tulis lainnya yang masih ada. Itu lebih bermanfaat,” tandasnya.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: