Wah! 5.426 Siswa di Jakarta Tidak Lulus


Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alie Usman

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 5.426 siswa sekolah menengah atas dan madrasah aliyah (MA) se-Jakarta hari ini, Senin (26/4/2010), dinyatakan tidak lulus ujian nasional. Data tersebut berdasarkan surat edaran Kementerian Pendidikan Nasional yang dirilis sejak Sabtu lalu.

Dari total peserta DKI yang mencapai 59.697 siswa, jumlah siswa lulus di Jakarta berjumlah 54.271 peserta didik. Sementara sisanya, 5.426 siswa atau 9,09 persen, dinyatakan harus mengulang alias tidak lulus UN.

Jika angka ketidaklulusan itu digolongkan menurut kelompok mata pelajarannya, dari jumlah 5.426 siswa, 3.894 peserta didik harus mengulang satu mata pelajaran (MP), 705 siswa mengulang dua MP, 197 siswa mengulang tiga MP, 57 siswa mengulang empat MP, 30 siswa mengulang lima MP, dan 10 siswa yang mengulang enam MP.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan, penyebab makin banyaknya siswa yang tidak lulus tersebut adalah karena tahun ini pelaksanaan UN sudah sangat diperketat.

Namun, buru-buru Nuh menambahkan, hasil analisis terebut jangan lantas diterjemahkan hasil UN kemarin-kemarin tidak jujur. “Jangan diartikan sebelum ini UN tidak jujur karena itu tidak ada bukti,” ujar Mendiknas.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: