Membangkitkan Kembali Libido Secara Natural


Menurut sebuah studi yang dilaporkan Journal of the American Medical Association, sebanyak 43 persen wanita berusia di bawah 60 tahun memiliki semacam disfungsi seksual, pengurangan libido, atau hilangnya nafsu seksual. Untuk mengatasinya, tentu Anda harus mencari tahu dulu apa yang menjadi akar penyebabnya. Setelah itu, barulah Anda menjawab kebutuhan tubuh Anda untuk bisa mengembalikan libido tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang bisa membantu Anda mengembalikan rasa ingin bercinta dengan suami dengan cara natural. Tentunya dalam hal ini, tubuh Anda masih dalam kondisi kesehatan yang baik.

Acara masak romantis
Menurut Martha Hopkins, pengarang Intercourses’ An Aphrodisiac Cookbook, memasak untuk orang lain atau memasak dengan si dia merupakan aktivitas yang bisa dimaksudkan sebagai tanda bahwa “Saya menyayangimu, kamu sepadan dengan usaha dan waktu yang saya keluarkan”, yang bisa menjadi sebuah pembangkit gairah yang dahsyat. Untuk mereka yang sudah lama berhubungan, acara memasak bersama bisa menjadi momen untuk melakukan kencan seru, dan kesempatan untuk mengembalikan percikan cinta lama. Sementara untuk mereka yang baru berkencan, acara semacam ini bisa menjadi semacam pemecah kebekuan suasana yang seksi.

Makanan pembangkit mood
Ketika menyangkut afrodisiak (makanan pembangkit gairah), tak ada aturan bakunya. Intinya lebih ke imajinasi. Otak adalah organ seksual terkuat. Hopkins menyarankan untuk membuat makanan yang mudah dan cepat dibuat, sehingga Anda tak kelelahan seusai memasaknya. Makanan favorit yang sering digunakan banyak pasangan adalah cokelat yang meleleh di mulut, karena mengandung cocoa butter (bubuk kakao yang dipadatkan). Cocoa butter merupakan salah satu bentuk lemak yang meleleh dengan temperatur tubuh. Rasa sensual mengecap cokelat ke dalam lidah Anda memicu rasa kepuasan serupa saat sedang bercinta.

Menyelesaikan problem hubungan
Kepuasan dalam hubungan adalah bagian terpenting untuk memastikan kepuasan seksual. Umumnya, ketika wanita merasa kesal akan sesuatu, ia akan membawanya ke atas ranjang. Bagaimana bisa mendapatkan gairah bercinta yang hebat jika kita merasa dikecilkan atau tidak nyaman dengan orang yang tidur dengan kita malam itu? Merasa tidak dihargai, menahan marah, merasa si pasangan tidak berusaha untuk mempertahankan hubungan, dan merasa tidak didukung membuat libido wanita menghilang. Karenanya, ketika masalah terselesaikan dan mendapatkan kepastian akan penyelesaian masalah, seharusnya libido wanita bisa kembali lagi.

Menstimulasi indera
Menstimulasi indera-indera dalam tubuh, seperti memasang lagu-lagu favorit atau menyemprotkan wewangian yang seksi bisa mempengaruhi libido seorang wanita. Indera-indera pada tubuh memiliki kemampuan untuk meningkatkan libido dengan cara yang berbeda. Disarankan untuk menstimulasi indera dengan cara yang berbeda-beda. Misal, cari kumpulan lagu baru, berikan penutup mata pasangan (bisa dengan scarf lembut), agar ia bisa memfokuskan diri pada indera lain yang sedang distimulasi. Cara lainnya, Anda bisa gunakan lotion wangi untuk pijatan. Gunakan imajinasi Anda untuk menstimulasi indera yang berbeda.

Mencintai tubuh sendiri
Gairah bercinta yang menurun seringkali diakibatkan oleh rendahnya imej tubuh. Menghadapinya? Cobalah lakukan “latihan bercermin”. Caranya, berdirilah di depan cermin yang bisa memberikan Anda pandangan ke seluruh tubuh Anda. Tanpa mengenakan pakaian sehelai pun, lihatlah tubuh yang sudah dianugerahkan Tuhan untuk Anda. Sebutkan hal-hal yang Anda sukai dari tubuh Anda. Lakukan latihan ini sendiri setiap harinya, hingga Anda merasa cukup percaya diri untuk melakukannya dengan suami. Jika seorang wanita sudah bisa merasa percaya diri dengan tubuhnya sendiri, ia akan merasa lebih seksi, dan membuatnya ingin berinisiatif untuk melanjutkan aktivitas seksual.

Berpikir ke luar kamar tidur
Ada beberapa aktivitas simpel yang bisa Anda dan pasangan lakukan untuk membantu libido Anda tetap tinggi. Seperti yang disebutkan di atas tadi, rasa mencintai tubuh sendiri dan stimulasi rangsangan seksual lewat pikiran (otak) adalah hal yang penting untuk wanita. Salah satu ide yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat sebuah kumpulan catatan tentang hal-hal yang membuat Anda merasa seksi. Misal, dengan menyimpan satu kotak kecil yang berisi catatan akan hal-hal yang membuat Anda merasa seksi. Lalu, di malam hari, coba ambil satu dan lakukan hal tersebut. Cara lainnya, simpan sebuah buku harian yang isinya mengenai apa pun tentang seks yang terlintas di pikiran Anda, termasuk hal-hal yang membuat Anda merasa terangsang. Lalu sesekali bacalah keseluruhannya, dan lihat bagaimana hal-hal yang sudah Anda tulis mampu membuat Anda terangsang, temukan sisi sensual Anda. Sesekali, Anda perlu mewujudkan fantasi Anda, saling bergantian memberi dan menerima kenikmatan seksual, mendobrak tabu kultural.

Menciptakan keintiman
Ada suatu istilah untuk wanita yang memiliki waktu untuk segalanya, tetapi tidak untuk kehidupan seksualnya, yakni “hurried woman syndrome” (sindrom wanita yang terburu-buru). Ini merupakan salah satu penyebab utama rendahnya libido yang tak berkaitan dengan hormon dalam tubuh. Menyangkut tugas-tugas, masalah anak, pekerjaan, kebutuhan suami, masalah tetangga, dan lainnya sudah membuatnya kehabisan energi dan waktu. Akhirnya tak ada cukup waktu tersisa untuk bisa menghabiskan masa berintim bersama suami. Jika ini adalah masalah utamanya, maka ini menyangkut hal prioritas ulang, dan menempatkan seks sebagai masalah keintiman, tak hanya hubungan badan saja.

Foreplay yang lebih lama
Pilihlah lokasi yang lebih sunyi, nyaman, dan tak terganggu. Seiring bertambahnya waktu, perubahan fisik bisa mengakibatkan Anda butuh waktu tambahan untuk mencapai gairah dan orgasme. Di usia paruh baya, respons seksual wanita akan cenderung menurun karena ada penurunan level hormon dan berkurangnya produksi lubrikan. Cairan pelumas dan alat bantu seks lainnya bisa membantu untuk memulai hubungan badan.

Beristirahat dan relaksasi
Stres, kelelahan, menopause, dan sakit bisa mengurangi keinginan seksual wanita. Umumnya pria menggunakan seks untuk mengendurkan ketegangan, sementara wanita harus tenang dan tidak tegang untuk bisa mencapai kepuasan seksual. Banyak pasangan melakukan hubungan seksual di penghujung hari, padahal pada waktu ini, level energi berada di paling bawah. Disarankan untuk menyiapkan waktu di pagi atau awal hari agar bisa mendapatkan semangat dan energi. Selain itu, meningkatkan ekspektasi bercinta sebelum tiba di rumah juga bisa membantu meningkatkan semangat untuk bercinta. Surat elektronik, SMS, atau telepon seksi sebelum pulang bisa membantu menyematkan rangsangan di otak, sebelum waktunya bercinta.

Menemukan zona nyaman
Film-film dewasa mengenai seksualitas seakan mendokrin dan membuat kita berpikir bahwa seks harus berupa spontan dan sempurna. Padahal tak selalu begitu adanya di kehidupan nyata. Banyak dari kita merasa gagal dalam kehidupan seksual karena adanya pendapat semacam ini. Bicarakan dengan pasangan Anda mengenai aktivitas apa dan kapan harus beraktivitas seksual. Kejujuran dan komunikasi bisa menumbuhkan hasrat lebih dahsyat ketimbang pil atau suplemen apa pun. Seringkali, kasih sayang yang tulus dan rasa cinta yang amat sangat bisa membawa seseorang ke kepuasan yang tinggi. Begitu pula dengan rasa pengertian akan masalah yang dihadapi si pasangan bisa menjadi afrodisiak yang sangat ampuh.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: