Setang Oblak? Saatnya Ganti Laher Komstir






________________________________________
Kunci nyaman tidaknya pengoperasian kemudi pada semua sepeda motor umumnya terletak pada bagian komstir. Bila komponen tersebut bermasalah, handling motor biasanya bakal berkurang drastis dan bikin laju motor jadi liar saat dipakai.

Menurut Oscar Padang dari bengkel DMS Motowork, komstir yang bermasalah memang enggak bisa dilihat lantaran posisi pelor yang bersembunyi di balik selongsong as komstir. “Tapi walau tidak kelihatan, masih bisa dirasakan kok!” bilangnya.

Gejala yang dimaksud Oscar yakni, setang jadi berat saat motor diajak berbelok. Dan tetap berat walau mur komstir sudah dikendurkan. Selain itu, timbul bunyi gledek-gledekn kayak setang oblak. Terutama saat motor dalam posisi ngerem depan.
Penyebabnya, bisa karena cara penggunaan motor yang kelewat kasar dan sering lewat jalan rusak atau minimnya perawatan pada bagian tersebut sehingga dudukan bola-bola atau pelor jadi aus.

“Pada saat bola-bola dan mangkuk komstir kering, setang jadi berat karena pelornya aus. Efek dominonya, putaran mur pengikat komstir makin kencang sendiri seiring gerak setang,” jelas mekanik berbadan kurus ini.

Nah untuk mengatasi hal itu, langsung ganti satu set laher komstir baru. Terkecuali kalau mangkuk laher masih bagus, yang diganti cukup bola-bolanya aja. Di pasaran harga komstir (atas-bawah) itu berbanderol Rp 80-100 ribuan/set. Harga segitu sudah termasuk bola-bola besi/pelor serta dudukannya lengkap.

Mau ikutan ganti? Simak penjelasan Oscar untuk komstir motor jenis skutik dan bebek. Langsung ya! Pertama buka dulu baut penusuk setang yang diikat mur-baut 14 mm (gbr.1). Dari sini, lanjut membuka mur kontra sebagai pengikat mur penyetel kekerasan setang (gbr.2).

Sampai sini, maka bola-bola besi bagian atas akan kelihatan. Langsung saja biji-biji laher tersebut ganti baru. Tapi kalau pengin lebih aman dan durabilitasnhya lebih lama, sebaiknya mangkuk dudukan laher harus ikut diganti. Yakni cukup dicopot dari rumah komstir bagian atas (gbr.3).

Setelah mangkuk dudukan laher lepas, turunkan segitiga bawah/komstir sampai bola-bola besi yang ada di bagian bawah komstir terlihat. Ganti juga bola-bola besi tersebut dengan yang baru berikut rumahnya

Terakhir, sebelum semua peranti dirakit seperti semula pastikan gemuk pada bagian bagian bola-bola (gbr.4) tadi cukup. “Kalau kurang gemuk bakal percuma saja, karena dalam jangka waktu gak sampai setahun bagian yang diganti tadi bakal bermasalah lagi,” tutup Oscar.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: