Alarm Rusak


Alarm adalah alat elektronik yang berfungsi untuk mengamankan atau menghindari pelaku pencurian kendaraan (curanmor). Alarm pada mobil biasanya dilengkapi dengan beberapa fitur-fitur teknologi canggih. Ada beberapa jenis Alarm pada kendaraan, antara lain alarm type sentuh, type sensor, type getaran, type PIN dan masih banyak lagi teknologi terbarunya. Alarm adalah termasuk pada alat elektronik yang sangat rawan terhadap kerusakan, kerusakan ini biasanya terjadi oleh adanya konstruiting (konslet) hubungan arus pendek listrik yang mengalir melalui system elektronik. Namun, kerusakan juga dapat disebabkan kerena perangkat Alarm kemasukan air.
Alarm merupakan system elektronik yang rentan bila dalam penggunaannya tidak melalui panduan-panduan yang diterapkan. Bila system Alarm rusak dan pemilik kendaraan tersebut tidak begitu mengerti tentang fitur dari alarm maka, akan membuat susah pemilik kendaraan sendiri. Sebaiknya, pemilik kendaraan mengetahui fitur yang terdapat diAlarm. Dalam penggunaannya, kerusakan Alarm dapat dilihat dari berbagai situasi, diantaranya :
1. Sirine tidak berbunyi kalau membuka pintu/mengunci menggunakan remote
Karena ada fitur dari alarm yang memang bisa membuat sirine tidak berbunyi kalau digunakan untuk membuka/mengunci dengan menggunakan remote, yaitu fitur “Standby Valet mode”. Pada dasarnya fitur ini adalah menonaktifkan alarm untuk sementara waktu, tetapi remote masih berfungsi untuk membuka dan mengunci pintu. Jadi bila terjadi hal tersebut, periksa dulu lampu LED alarm yang ada didalam mobil apakah menyala terus atau tidak. Jika menyala terus artinya alarm masuk kedalam fitur “Standby Valet mode” mungkin karena lupa atau tidak sengaja mengaktifkannya. Tetapi jika lampu LED tidak ada maka cara menelitinya adalah: Kunci pintu dengan menggunakan remote, tunggu sekitar 5 detik dan buka pintu mobil dengan cara manual. Jika lampu hazard berkedip-kedip itu berarti sirine kendaraan rusak.
2. Sirine berbunyi 3 kali bila mengunci pintu menggunakan remote
Biasanya sirine akan berbunyi pendek (cwick) 1 kali pada saat mengunci pintu dengan remote. Jika bunyi chirp 3 kali, menandakan bahwa salah satu pintu mobil ada yang belum tertutup dengan benar. Jadi sebaiknya cek keadaan pintu dan jika pintu sudah tertutup rapat masih berbunyi 3 kali, sebaiknya bawa kebengkel alarm terdekat untuk mengeceknya.
3. Remote kadang susah digunakan untuk membuka dan mengunci pintu
Karena semua alarm mobil yang menggunakan remote pasti beroperasi pada frekwensi tertentu, menyebabkan adanya gangguan dari frekwensi yang berdekatan atau lebih kuat. Perhatikan apakah kejadian tersebut hanya terjadi pada daerah tertentu saja atau tidak. Jika terjadi pada satu daerah saja, coba lekatkan remote kontrol anda dengan dagu atau pergelangan tangan anda. Hal ini dapat menguatkan sinyal transmisi karena mendapatkan tambahan massa “ground” dari tubuh kita. Mungkin umur dari komponen pada remote (seperti tombol switch atau baterei) membuat hal tersebut terjadi, jadi coba periksa komponen tersebut secara berkala paling tidak 3 bulan sekali.
4. Membuka pintu manual karena remote rusak
Umumnya standar alarm mobil yang baik ada cara dan prosedur tertentu untuk mematikan alarm dalam keadaaan darurat, tetapi tentunya diperlukan alat pengenal bagi alarm untuk mengetahui bahwa yang berusaha menonaktifkan alarm adalah pemiliknya yaitu dengan menggunakan bantuan kunci mobil itu sendiri. Pada dasarnya hampir semua alarm menggunakan switch yang terletak didalam mobil dengan penempatan yang tersembunyi. Switch ini berfungsi untuk mematikan alarm dalam keadaan darurat. Jadi pastikan anda tahu lokasi switch tersebut sehingga bila terjadi hal tersebut diatas anda tidak panik dan gugup. Jika tidak tahu juga maka berangkatlah ke bengkel Alarm terdekat.

  1. sangat bermanfaat sekali artikelnya

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: