Central lock macet


Keberadaan central lock pada sebuah mobil sangat membantu. Ini untuk memudahkan pengemudi mengunci dan membuka pintu tanpa harus mengubah posisi. Namun, itu akan menjadi sebuah masalah ketika central lock mendadak macet. Biasanya, hal itu terjadi karena kabel penghubung putus. atau, bisa pula motor penguncinya tak lagi berfungsi. Jika menemui kondisi ini, anda tak perlu panik. Ada cara sederhana untuk mengakalinya:
1. Buka panel pintu (door trim) terlebih dahulu. Kendurkan dan lepas baut pemegang motor central lock. Lalu lepas motor dari dudukan dan setang pengunci.
2.Periksa kabel hubungan dengan tespen, untuk memastikan apakah arus masih mengalir ke motor.
3. Sambung motor langsung ke aki untuk mengecek apakah motor pengunci berfungsi dengan baik. Bila terdengar bunyi yang normal, berarti tidak ada masalah. Motor tidak berfungsi sempurna jika ada gigi penggerak motor yang aus atau patah. Untuk mengeceknya bongkarlah motor pengunci dengan bor listrik.
4. Lihat keadaan gigi penggerak baik pada motor maupun batangnya. Bila keausan belum parah, kikir gigi penggerak untuk mengembalikan ke bentuk semula.
5. Bila gigi penggerak sudah parah alias patah, ubah gigi penggerak dengan mengubah ketebalan karet pengganjalan. Agar langkah batang tak sampai menyentuh gigi yang aus atau yang patah tadi.
6. Setelah itu rakitlah kembali motor pengunci dan periksa apakah sudah bekerja dengan sempurna. Pasang motor pengunci pada pintu. Setel posisi motor sampai gerakannya sempurna sebelum mengencangkan baut pemegang.
7. Periksa kondisi setang penghubung, pastikan tak ada yang bengkok dan bisa bekerja dengan baik

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: