Inspeksi Kaki-Kaki Bebek Honda Di Tahun Ke 3


Salah satu peranti yang juga penting untuk dicek, bagian kaki-kaki. “Terutama motor yang sudah berusia 3 tahun atau sudah menempuh jarak sekitar 50.000 km ke atas. Pasti banyak peranti yang sudah rusak dan minta diganti,” wanti Syafrudin, kepala bengkel Clara Motor II di Jl. Arteri Kelapa Dua No.5, Kebon Jeruk, Jakbar.

Nah, biar ada gambaran jelas apa saja yang musti dicek serta berapa besar ongkos yang perlu disiapkan untuk tebus onderdilnya, akan dibeberkan satu per satu. Diambil contoh motor Honda, tipe bebek usia 3 tahun.

Pelek dan Laher Roda
Sebaiknya pelek disetel ulang dan periksa laher rodanya. “Kalau oblak/rusak, sebaiknya langsung diganti keduanya (kiri-kanan). Karena kalau tidak diganti, tambah oblak dan merembet ke bagian kaki-kaki lain,” anjur Udin.

Kondisi ban juga kudu dicek. Bila sudah gundul, langsung diganti. Sebab dengan profil ban sudah botak, daya cengkeram terhadap aspal juga berkurang. Sehingga lebih licin dan sangat berbahaya. Belum lagi kalau hujan turun tiba-tiba.
Karet Teromol
Indikasi jika sudah oblak, besutan agak nyentak saat akan melaju. “Salah satu sebabnya karet teromol keras atau umur pakainya sudah lama, sehingga gir roda yang terhubung langsung dengan teromol tidak ngeplak lagi dan tambah longgar saat ada entakan,” imbuh pria yang tinggal di daerah Jaktim ini.
Gir Set
Segera ganti jika matanya sudah tajam. “Sering kejadian, karena gir roda sudah aus, rantai cepat lepas. Alhasil motor akan berhenti mendadak akibat rantai nyangkut di bagian tertentu, misal teromol roda. Ini sangat membahyakan keselamatan,” wanti bapak 1 anak ini.

Kampas rem
Ini paling penting untuk menghentikan laju kendaraan. “Enggak sedikit rider menabrak kendaraan lain karena remnya blong maupun kurang pakem,” ujar pria humoris ini.

Sokbreker
Baik depan dan belakang, bila sudah mengalami kebocoran oli atau rusak, efeknya suspensi akan terasa lebih keras atau sebaliknya. Indikasi lain, saat menikung terasa goyang-goyang. Begitu juga saat lewat jalan berlubang, akan terasa mentok dan timbul suara pada suspensi depan atau belakang. “Kalau sok depan terasa terlalu empuk atau keras, salah satu solusinya adalah mengganti olinya,”

Table Harga Spare-Part Honda
Spare-part Supra Fit Revo Supra X 125
Laher Roda (F) (2 x) 20.300 12.100 12.100
Laher Roda (R) (2 x) 20.300 20.300 20.300
Karet tromol 7.000 7.10 7.100
Gir set 145.000 141.000 125.000
Ban luar (F) 111.500 111.500 111.500
Ban luar (R) 151.000 151.000 151.000
Kampas rem (F) 36.500 36.500 36.500
Kampas rem (R) 25.500 26.500 26.500
Sokbreker 220.000 358.000 358.000
Oli sok 20.000 20.000 20.000
Total 797.700 915.900 900.400
Table jasa servis
Pekerjaan Harga
Ganti rantai roda,gir+karet tromol 20.000
Ganti ban luar @ 10 ribu 20.000
Ganti Kampas Rem tromol/cakram 10.000
Ganti sokbreker 25.000
Ganti oli sok 25.000
Total 100.000

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: