Merawat power window


Walau hanya bergerak 2 arah, naik dan turun, kinerja power window perlu perawatan rutin agar tetap optimal. Problem yang sering mendera biasanya naik turun kaca tersendat dan posisi kaca miring hingga saat menutup tidak rapat. Caranya dengan membersihkan karet kaca dengan menyiapkan silicone spray yang banyak di pasaran, tapi jangan pakai penetrant ya! Karena cairan silicone spray lebih netral daripada penetrant yang justru bisa mengundang debu menempel kembali. Perhatikan kondisi karet penghalang debu sepanjang bagian bawah kaca, termasuk karet yang menempel pada frame pintu. Semprot sepanjang jalur karet hingga merata. Gunanya selain untuk merontokan kotoran yang mengendap, juga mengembalikan kondisi karet yang biasanya jadi getas.
Sedikit usaha ekstra dengan membuka trim pintu untuk merawat bagian dalam power window. Hati-hati dengan klip plastik agar tidak patah. Buka plastik penutup dengan melepas lem sepanjang pinggiran plastik tersebut. Lihat kondisi rel yang berisi kawat baja untuk naik turun kaca. Oleskan gemuk baru secukupnya apabila terlihat gemuk sudah kering dan kotor. Jangan berlebihan supaya kelebihan gemuk justru tidak mengotori kaca ketika digunakan.
Kemudian lanjutkan dengan melihat plastik pemegang kaca. Kencangkan kalau terasa longgar dan posisikan kaca agar serata mungkin. Hati-hati saat mengencangkan, karena faktor usia pakai, plastik pemegangnya kaca jutru bisa pecah. Selesai bongkar-bongkar, coba gerakan power window dengan memasang tombol terlebih dahulu. Kalau sudah yakin tak ada hambatan lagi, lanjutkan dengan menutup kembali plastik penutupnya. Jangan lupa semprotkan soket-soket tombol power window menggunakan contact cleaner sampai bersih. Soket kelistrikan yang kotor juga bisa membuat gerakan kaca tidak sempurna. selain itu berpotensi menimbulkan hubungan pendek arus listrik

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: